Rapat Kerja Pengurus Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo) Cabang Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN)

Pengurus Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo) Cabang Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) melaksanakan rapat kerja pada hari Selasa, 26 Januari 2016 di Gedung 90 kawasan Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat PTRKN yang juga sebagai wakil ketua Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo) Pengurus Cabang BATAN, Dr. Geni Rina Sunaryo. Deputi Bidang Pendayagunaan Teknologi Nuklir, Dr Anhar Riza Antariksawan, memberikan sambutan dalam pembukaan raker tersebut. BATAN resmi sebagai Pengurus Cabang Himpenindo  yang ke delapan untuk periode 2015-2020 pada 29 September 2015 berdasarkan SK Ketua Umum Himpenindo no. 04/SK/HIMPENINDO /IX/2015 tentang susunan pengurus HIMPENINDO cabang BATAN. Ketua Himpenindo Pengurus Cabang BATAN untuk periode 2015-2020 adalah Prof. Dr. rer. Nat. Evvy Kartini.

 

Sosialisasi Program Batan Melalui Himpenindo Pusat

Selain  dapat meningkatkan kualitas para peneliti dan hasil penelitian BATAN,  Deputi PTN, Dr. Anhar Riza Antariksawan, dalam sambutannya pada Raker tersebut, mengharapkan pula Himpenindo PC BATAN dapat berperan serta dalam  melaksanakan sosialisasi, diseminasi, dan promosi produk-produk penelitian BATAN yang hasilnya dapat langsung dirasakan masyarakat. Beliau juga menyatakan bahwa perlu suatu tool untuk mengevaluasi hasil penelitian lembaga litbang


Himpenindo Pusat merupakan mitra LIPI dalam membina para peneliti di Indonesia. Dalam presentasinya tentang “Peran Himpenindo dalam Meningkatkan Kualitas Peneliltian di Indonesia,” Direktur Eksekutif Himpenindo Pusat yang terbentuk sejak 2013, Agus Fanar Sukri, Ph.D, menyampaikan tentang peran Himpenindo yang terbagi dalam 10 bidang kerja himpenindo yang terdiri dari  4 bidang terkait Peneliti/anggota, 4 terkait lembaga penelitian, pemerintah dan industri, dan 2 bidang organisasi (http://himpenindo.org). Dijelaskan pula bahwa pengurus cabang Himpenindo mempunyai peran dalam membentuk forum komunikasi anggota, membentuk Klinik KTI,  membina Etika Peneliti, serta menyelenggarakan Kerja sama penelitian dan seminar tingkat Nasional dan internasional.

Dari paparan ketua Himpenindo PC BATAN, Prof. Evvy Kartini dan dewan pakar, Prof. Drs. Darsono, MSc. dan Prof. Dr. Muhayatun disampaikan pentingnya sosialisasi program unggulan BATAN seperti RDE, IRRADIATOR, LTJ, NAA dll , untuk disampaikan melalui forum komunikasi Organisasi Profesi Ilmiah, seperti HIMPENINDO.  Hal ini, dikarenakan jejaring yang ada di HIMPENINDO meliputi berbagai PC Kementrian, Lembaga dan LPNK, juga dengan organisasi profesi ilmiah (OPI) lainnya. Melalui kerjasama ini diharapkan program BATAN dapat lebih dikenal oleh masyarakat.  Perlu juga kerjasama litbang yang sinergi diantara lembaga dan kementrian sehingga tidak tumpang tindih, melainkan saling mendukung. Hal ini dapat dilakukan melalui FGD atau joint seminar diantara PC HIMPENINDO.  Rencana program Himpenindo ini didukung oleh Deputi BPTN, yang akan melakukan solsialisasi untuk peneliti kawasan di Puspiptek.

Last modified on Monday, 22 February 2016 03:38

More in this category:

HIMPENINDO PC BATAN